• Segenap Pimpinan dan Anggota DPRD Kota Yogyakarta Mengucapkan Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Bagi Seluruh Umat Muslim
  • Event Calendar
    • Anggota DPRD Kota Yogyakarta Masa Jabatan 2014-2019

    • anggota DPRD masa jabatan 2014-2019

    • Anggota DPRD perempuan masa jabatan 2014-2019

    • Rapat Konsultansi Pimpinan DPRD dan Pimpinan Fraksi dengan TAPD

    ASPIRASI
    PENGADUAN
    JAJAK PENDAPAT
    Bagaimana Kinerja dan hasil DPRD Saat Ini?
    Bagus
    Biasa Saja
    Jelek

    HASIL POLLING
    STATISTIK PENGUNJUNG
    • Browser :
    • OS : Unknown Platform
    • Dikunjungi sebanyak : 599334 kali
    Share This Articel on :
    Sistem dan Mekanisme PPDB Tahun Ajaran 2019 – 2020

    2019-05-19 10:19:33 WIB

    Akhir – akhir ini sebagian masyarakat Kota Yogyakarta disibukkan dengan mengurus kelanjutan sekolah putra putri mereka ke jenjang SD, SMP dan SMA yang mana setiap tahunnya ada perubahan terkait penerimaan siswa siswi di tahun ajaran baru . Di tahun 2019 ini Pemerintah Kota Yogyakarta dalam penerimaan peserta didik baru sudah memakai sistem PPDB tahun ajaran 2019/2020, Untuk SD dan SMP Pemerintah Kota Yogyakarta sudah mengeluarkan Perwal No. 23 Tahun 2019, sedangkan untuk SMA Pemerintah Provinsi DIY sudah mengeluarkan Pergub Nomor 30 Tahun 2019 .

    Dinas Pendidikan kota Yogya resmi mensosialisasikan Peraturan Walikota Yogyakarta No. 23 tahun 2019 terkait kementerian pendidikan dan kebudayaan (mendikbud) 51 tahun 2018 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) sederajat tahun 2019. PPDB Tahun ini akan dilaksanakan melalui tiga jalur, yakni jalur zonasi dengan kuota minimal 90 persen, jalur prestasi dengan kuota maksimal 5 persen, dan jalur perpindahan orang tua dengan kuota maksimal 5 persen. pada tahun 2019 pihaknya menetapkan sistem zonasi jenjang masuk SMP sederajat dalam PPDB. Dengan ketentuan untuk siswa yang beralamatkan sesuai Kartu keluarga (KK) yang diterbitkan minimal satu tahun sebelumnya. KK sendiri menurutnya dapat diganti dengan Surat Keterangan (Suket) domisili dari RT/RW. Namun, ketentuan mengenai KK ini berlaku untuk PPDB tahun depan, sementara tahun ini dapat menggunakan KK yang diterbitkan minimal 6 bulan sebelumnya.

    Rencananya pelaksanaan PPDB 2019 akan dilakukan secara serentak. sekolah harus melaksanakan PPDB secara transparan dan mengumumkan daya tampung sekolahnya masing - masing. kuota PPDB masuk SMP zonasi dalam daerah sebesar 90 persen. Meliputi PPDB dengan bibit unggul sekolah dengan kuota paling banyak 10 persen dari seluruh daya tampung sekolah. Kemudian PPDB dengan zonasi wilayah dengan kuota paling banyak 30 persen dari seluruh daya tampung SMP termasuk 2 persen bagi penyandang disabilitas. PPDB dari keluarga tidak mampu dengan kuota paling banyak 10 persen dari seluruh daya tampung SMP dan PPDB dengan zonasi mutu dengan kuota paling sedikit 40 persen dari seluruh daya tampung sekolah.Yang terbaru adalah sistem bibit unggul sekolah 10 persen diambil Berdasarkan siswa yang berprestasi dari kelas 4 meliputi Matematika, Ilmu pengetahuan alam, PKN dan B.Indonesia. Dengan adanya peraturan Walikota yang baru terkait Sistem PPDB di tahun ajaran 2019 – 2020 diharap masyarakat Kota Yogyakarta tidak kebingungan dan resah dalam mencari sekolah untuk putra putri mereka.

    Saksikan topik ini dalam bincang interaktif di Adi TV pada Senin, 20 Mei 2019, pukul 14.00 – 15.00 WIB dengan narasumber Agung Damar Kusumandaru, SE (Ketua Komisi D), A. Fokki Ardiyanto, S.IP (Wakil Ketua Komisi D) dan Perwakilan Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta. (her/ast)