• Segenap Pimpinan dan Anggota DPRD Kota Yogyakarta Mengucapkan Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Bagi Seluruh Umat Muslim
  • Event Calendar
    • Anggota DPRD Kota Yogyakarta Masa Jabatan 2014-2019

    • anggota DPRD masa jabatan 2014-2019

    • Anggota DPRD perempuan masa jabatan 2014-2019

    • Rapat Konsultansi Pimpinan DPRD dan Pimpinan Fraksi dengan TAPD

    ASPIRASI
    PENGADUAN
    JAJAK PENDAPAT
    Bagaimana Kinerja dan hasil DPRD Saat Ini?
    Bagus
    Biasa Saja
    Jelek

    HASIL POLLING
    STATISTIK PENGUNJUNG
    • Browser :
    • OS : Unknown Platform
    • Dikunjungi sebanyak : 636527 kali
    Share This Articel on :
    Dewan Kota Makasar Tukar Informasi Dinamika Ketugasan BK

    2019-07-29 14:48:56 WIB

    Badan Kehormatan DPRD Kota Makasar berkunjung ke DPRD Kota Yogyakarta pada Senin (29/7) pagi. Mengawali pertemuan, Agung Wirawan, Ketua BK DPRD Kota Makasar menyampaikan maksud dan tujuan kunjungan. “Menjelang akhir periode ini, kami bermaksud mengetahui bagaimana kondisi anggota dewan di Jogja, apakah adem ayem ataukah justru menyisakan masalah. Bagaimana dinamika yang terjadi di Badan Kehormatan dalam mengawal ketugasan teman-teman anggota dewan?” terang Agung.

    HM. Fauzi Noor Afshochi selaku Ketua BK Kota Yogyakarta menjelaskan bahwa BK berharap sebagai satu keluarga, tidak akan ada masalah sekecil apapun. Namun apabila terjadi, maka BK akan mengundang anggota dewan yang bersangkutan. Sebagai anggota dewan seharusnya mereka tahu batasan-batatasan dalam bertindak. Setelah masuk sebagai anggota dewan, visi misi harus dijalankan. Jika masalah yang sudah terpublikasikan di media, mau tidak mau BK akan jadi sasaran wartawan. Jika pelanggaran sudah ke arah pidana, maka diserahkan ke pihak berwajib. “Kami berpedoman pada tata tertib dan kode etik. Jika nanti sudah ada keputusan pengadilan tidak lebih dari 5 (lima) tahun, maka belum sampai ke arah Pergantian Antar Waktu (PAW). Kami mengingatkan secara tertulis, semua fraksi kita kirimi surat untuk memberikan pembinaan kepada anggotanya. Kita sebagai anggota dewan harus menjaga marwah dan menaati norma-norma. Sebagai anggota dewan, kita selalu terlihat di masyarakat. Kami sebagai BK tidak bermaksud menggurui, tetapi kita harus saling menjaga,” kata Fauzi.

    Terkait dengan kehadiran anggota dewan, setiap 4 (empat) bulan sekali, BK selalu melakukan evaluasi. Jika anggota dewan sudah mendekati 5 (lima) kali absen dalam sebulan, maka BK selalu mengingatkan, karena jika mencapai 6 (enam) kali absen dalam kehadiran, mereka bisa di-PAW. “. Jika ada yang bilang jeruk jangan makan jeruk, maka kalo kami beristilah jika jeruknya busuk ya harus kita keluarkan. Jangan sampai seolah-olah kita membiarkan ketidaktertiban,” ucap Fauzi.

    Hubungannya dengan masyarakat, BK memiliki program sosialisasi melalui media baik radio maupun televisi yang dikemas dalam bentuk talkshow. Melalui acara ini, BK akan menyampaikan progress kinerja dan mencatat aspirasi yang muncul dari masyarakat untuk ditindaklanjuti. Masyarakat dihimbau untuk tidak ragu-ragu datang ke gedung dewan, menghadiri paripurna untuk mengawasi kehadiran wakil rakyat yang dipilihnya. “Ketika kampanye mereka bicara yang muluk-muluk, tapi ketika terpilih mereka lupa dengan janji-janjinya. Jangan sampai masyarakat dibodohi dengan membeli kucing dalam karung. Banyak dinamika yang terjadi selama 5 (lima) tahun ini, tapi alhamdulillah di akhir periode ini kami tidak ada masalah, masuk 40 keluar juga 40. Kami bisa mengakhiri ketugasan ini dengan khusnul khotimah,” kata Fauzi di mengakhiri pertemuan. (ism/ast)